Assalamualaikum Wr. Wb

Dirgahayu RI ke 72

Dirgahayu RI ke 72

Wisuda BSI ke VIII

Foto bersama Teman satu angkatan Wisuda, Prodi Manajemen Informatika.

Kelas 12.1B.30

Foto bersama teman-teman kelas 12.1B.30. Tahun 2013. Manajemen Informatika.

Seminar Kepemimpinan

Acara Seminar Kepemimpinan, yang dilaksanakan oleh Pengurus HIMMI BSI pontianak.Yang merupakan salah satu program kerja HIMMI 2014/2015.

Pengurus HIMMI 2014

Foto bersama saat pelepasan kepengurusan HIMMI BSI Pontianak ke Pengursan yang baru 2015/2016.

Foto Desember 2014

Foto Bersama HIMMI dengan foto Pengurus HIMMI baru dan HIMMI lama.

Selasa, 03 November 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015
Futsal ya, olahraga yang sangat popular digemari oleh semua kalangan masyarakat. Apalagi yang namanya mahasiswa. :)... Karena futsal ini menggunakan permainan lapangan kecil. Ehmmm,, untuk lebih jelasnya temen-temen bisa melihat atau mecari di google. hehe

Namun yang ingin saya ceritakan disini adalah moment dimana Kampus AMIK BSI Pontianak mengadakan turnamen Futsal 2015 khusus mahasiswa BSI Pontianak dalam rangka HUT SEMA(Senat Mahasiswa) yang ke-5. Dalam turnamen tersebut, tentu saja banyak mahasiswa dalam perwakilan kelasnya mengirimkan tim terbaik mereka.

Satu kelas boleh mengirimkan lebih dari satu Tim Futsal yang terdiri dari 5-9 orang pemain per-TIM nya. 

Saya dan teman-teman yang sekarang duduk di Kelas 12.5A.30, tentu saja tidak ingin menyia-nyikan turnamen futsal tersebut. Karena ini adalah turnamen yang sangat bagus sekali. Dalam ajang Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015 ini diikuti oleh 32 TIM dari kelas Pagi dan Malam. Jurusan Komputerisasi Akuntansi dan Manajemen Informatika.

Lanjut saja, kami mendaftarkan kelas 12.5A.30 untuk ikut serta dalam turnamen tersebut. Kami ternyata masuk dalam grup D.

Nama Pemain Tim Kelas 12.5A.
  1. Kukuh Ario (Kipar)
  2. Andika Purnama (penyerang/bek/gelandang)
  3. Abang Irwan Syahbani (penyerang/gelandang/bek)
  4. Ari Putra Purnama (penyerang/gelandang/bek)
  5. Dani Budiman (gelandang/bek)
  6. Eriek (penyerang/bek/gelandang)
  7. Hayet (penyerang/gelandang/bek)
  8. Reizha Fahrurozi (penyerang/gelandang/bek)
  9. Zulkifli (penyerang/gelandang)
  1. Sponsor  : Julita & Indah
  2. Manager : Irwan Hendra Saputra
  3. Manager2 : Rama Bin Ahmad
  4. Official   : Firman Hardiansyah
  5. Official2 : Arpandu
  6. Tim Medis : Viktoria Sandi, Desi, Novita.
  7. Supotter  : #5A digoyang - Teman2 Kelas 12.5A dan Mahasiswa BSI Pontianak
  8. Pengamat Bola : Anugrah Bayu Saputra, Elisa, Rahmanita, Eni, Desty. dkk

Berikut ini penyisihan Grup Yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Oktober 2015 – Minggu 18 Oktober 2015. Dilapangan Medeteranian – Serdam. Pontianak.

Pertandingan Babak Penyisihan

Berikut hasil pertandingan kelas 12.5A.30 :
Pertandingan 1
Pertandingan 2
Pertandingan 3
12.5A
TIM Dosen
12.5A
Unity FC
12.5A
12.1A
10
1
9
6
WO
-

Dengan hasil babak penyisihan:
Nama TIM
Main
Menang
Imbang
Kalah
Poin
12.5A
3
3
0
0
9
Unity FC
3
2
0
1
6
Tim Dosen
3
1
0
2
3
12.1A
3
0
0
3
0

Juara Grup D : TIM 12.5A


Dengan hasil tersebut kelas 12.5A, masuk ke babak 16 Besar Turnamen Futsal BSI 2015. Yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu 24-25 Oktober 2015.

Pada Babak 16, dibagi 2 grup. Yakni grup A dan grup B. Masing-masing Grup terdiri atas 8 TIM = terbagi atas A mempunyai A1 dan A2. Dan yang berhak maju adalah Juara Grup nya saja. Juara grup A1 akan menghadapi Juara Grup A2. Dimana sang juaranya lah yang berhak masuk ke Final Turnamen BSI 2015. Sedangkan Runer Up  nya mencari posisi 3 dan 4. Begitu juga dengan grup B. Kelas 12.5A, masuk dalam grup A2. Lapangan di Perdana - Pontianak.

Pada Grup A2 kelas 12.5A menghapi kelas 12.3l. Pada pukul 11.00 – 11.40 WIB. Dalam pertandingan ke-4 nya selama turnamen.

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015


Alhamdulilah, dengan persaingan yang sangat ketat, akhirnya kelas 12.5A dapat memenangkan pertandingan tersebut. Dengan rincian Gol seperti dibawah ini J

Pertandingan 4 (A2)
12.5A
12.3l
7
3

Pada babak ini, kelas 12.5A. Berhak lanjut dalam tahap selanjutnya. Untuk menghadapi teman dekat yakni kelas 12.5B. Wow sungguh sangat sulit teman-teman semuanya. Karena kami sangat dekat dengan kelas 12.5B, namun apalah daya dalam sebuah turnamen tentu saja harus ada yang kalah dan menang. Itu hal yang wajar. Dengan tenaga yang cukup terkuras, karena harus bermain lagi untuk memperebutkan Juara Grup A2. Pertandingan dimulai Pukul 13.30 – 14.15 WIB.

Dengan hasil :
Pertandingan 5 (A2)
12.5A
12.5B
4
1

Kelas 12.5A. Juara Grup A2.

Alhamdulilah kelas 12.5A menang dengan sekor yang cukup lah, hihi.. Dengan begitu kelas 12.5A masuk ke perempat Final Turnamen Futsal BSI 2015.
Oke pertandingan selesai pada tanggal 24 Oktober 2015, dan dilanjutkan kembali tanggal 25 Oktober 2015 di lapangan Suwigno. Untuk memperebutkan Tiket Final. . Pertandingan semakin ketat, dari 32 hanya tersisa 4 TIM.

Rincian Pertandingan:
Pertandingan 1 dilaksanakan pada pukul : 11.00 – 12.00 WIB.

Pertandingan 1
12.3G
Unity FC
11
1

Dengan hasil yang sangat wow oleh TIM 12.3G. Dipastikan TIM 12.3G masuk final, dan menunggu pertandingan ke-2 antara TIM 12.5A vs 12.5H.

Pertandingan 2 dilaksanakan pada pukul : 15.00 – 16.00 WIB.

Pertandingan 2
12.5A
12.5H
2(p)
2

Pada babak pertama Kedudukan yaitu 1-1. Lanjut babak ke-2, pertandingan semakin memanas dan 12.5H dapat membobol pertahanan 12.5A dengan bertahan cukup lama. Namun, atas kerjasama yang apik oleh pemain kelas 12.5A. Pada detik-detik akhir Abang Irwan Syah Bani mencetak gol. Hingga sekor adalah 2-2. Akhirnya wasit meniup pluit panjang, pertanda pertandingan telah selesai. J

Oleh hasil imbang 2-2, maka diadakan tendangan pinalti. Dimana, penedang pertama dari TIM 12.5H gagal masuk setelah ditahan oleh penjaga gawang kelas 12.5A saudara Kukuh Ario. Dengan hasil akhir adalah : 12.5H memasukkan 3 gol 1 gagal, sedangkan TIM kelas 12.5A memasukkan 5 gol (nilai yang sempurna). Dengan hasil itu, maka TIM kelas 12.5A lah yang berhak masuk ke Final menghadapi kelas 12.3G, pada malam Senin itu.

Maka pertandingan dilanjutkan untuk mencari Juara 3 dan 4, pada pukul 18.00 – 19.00 WIB, dilapangan yang sama.

Supoter dari kedua TIM pun berdatangan, untuk melihat jagoan mereka berlaga dalam ajang Turnamen BSI 2015 itu. Begitu juga dengan  supoter kelas 12.5A dan 12.3G, yang tidak sabar untuk menyaksikan laga Final yang akan bertanding mati-matian untuk memperoleh hasil yang baik untuk perwakilan kelas masing-masing. J

Hasil pertandingan 3 :

Pertandingan 3
Unity FC
12.5H
4
5

Dengan hasil itu maka, untuk juara ke-3 dari Turnamen Futsal BSI 2015 adalah perwakilan TIM kelas 12.5H. Yang menang cukup tipis. J

Kini jam sudah menunjukkan pukul 19.00 WIB, dimana dari tiap TIM sudah mempersiapkan pertandingan itu. Kedua TIM masuk ke lapangan, dukungan dari luar lapangan bersambutan dengan ramai, tatkala seperti halnya menonoton Piala Dunia. Menit-menit awal kelas 12.5A sudah kebobolan, dan permainan pun semakin memanas. Namun bukan karena emosi, karena kedua TOM bermain sangat apik.

Namun di babak pertama, kipar dari kelas 12.5A mengalami cidera tangan akibat tendangan geledek dari pemain lawan yang membobol gawang dari kelas 12.5A. Cukup kerepotan, karena kipar cadangan tidak ada. Tidak beberpa lama, 2 pemain dari kelas 12.5A juga mengalami sakit otot pada kaki sehingga harus menerima perawatan khusus. Dan saat itu lah pemain TIM 12.3G denga permainannya yang sangat apik mencetak gol demi gol. Dan akhirnya pertandingan dimenangkan oleh TIM kelas 12.3G. (kelas malam).

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015


Pertandingan 4
12.5A
12.3G
2
11

Dengan hasil yang cukup telak tersebut, maka Tropi Turnamen Futsal BSI Pontianak Tahun 2015 diangkat dan dibawa pulang oleh TIM kelas 12.3G. Selamat buat TIM 12.3G.. .. ..

Pertandingan tentu saja ada yang menang dan ada juga yang kalah, itu adalah hal yang wajar.  Namun inti dari Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015 bukan hanya saja mencari trofi, namun menekankan pada jiwa kebersamaan antara kampus, dosen, organisasi kampus, dan seluruh mahasiswanya. Dan Merupakan perayaan HUT SEMA ke-5.

Akhirnya kelas ku 12.5A, mebawa kabar baik dengan mebawa pulang juara ke-2 Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015. Dengan sikap pertemanan dan kebersamaan.  #12.5A digoyang.

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015

Turnamen Futsal BSI Pontianak 2015


Terimakasih kepada Allah, swt.
Terimaksih buat dukungan teman-teman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Dan semua orang yang ikut berpartisipasi.

Interaksi Manusia dan Komputer BSI

sampul

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Komputer  merupakan suatu mesin yang dibuat untuk membantu kehidupan manusia untuk semua bidang, seperti perbankan, transportasi, pendidikan, pemerintahan, perdagangan, militer dan sebagainya.
Waktu kita menggunakan komputer, tanpa disadari kita sedang melakukan dialog dengan komputer dan waktu kita memberikan perintah kepada komputer maka kita akan melihat hasil dari perintah tersebut di layar komputer. Tetapi dalam berbicara tentang Interaksi Manusia dan Komputer atau secara umum seputar dunia komputer, sepertinya kita harus membutuhkan pengalaman serta pengetahuan yang banyak tentang komputer, karena ilmu komputer sangat luas. Tanpa pengalaman dan pengetahuan luas kita tidak akan bisa menuangkannya dalam bentuk tulisan seperti ini, atau sekedar bicara saja kita tidak akan mampu.
Perangkat lunak aplikasi (Bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Namun yang akan dibahas dalam tugas kami ini yaitu sebuah aplikasi yang di gunakan oleh salah satu perusahaan bergerak dibidang mainan anak-anak.

1.2       Tujuan
Tujuan Kami dalam menyusun hasil riset ini untuk memperlihatkan cara kerja salah satu apilkasi yang digunakan oleh suatu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan. Serta memperlihatkan sebuah design aplikasi yang digunakan oleh perusahaan tersebut.
1.3       Sistematika Penulisan

            BAB 1 PENDAHULUAN
                        Menguraikan latar belakang dan tujuan yang terdapat dalam Interaksi Manusia dan Komputer.

            BAB 2 LANDASAN TEORI
Definisi-definisi tentang Interaksi Manusia dan Komputer secara akutual dan dikemas dari berbagai sumber yang kami dapat.

            BAB 3 PEMBAHASAN
            Dalam BAB 3 Pembahsan, dijelaskan fungsi dan tujuan dibuatnya aplikasi.

            BAB 4 PENUTUP
BAB ini berisi kesimpulan dari apa yang telah Kami bahas, dilanjutkan dengan saran-saran untuk mencapai suatu hasil yang baik.




BAB 2
LANDASAN TEORI

2.1              Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) merupakan salah satu bidangi lmu yang menitik beratkan kajiannya keberbagai interaksi yang teraja diantara manusia dengan komputer. Pengguna melakukan perintah input yang selanjutnya diterima dan diproses oleh komputer. Perintah input ini menghasilkan berbagai macam hasil interaksi sesuai dengan perintah input yang dilakukan pengguna. Hasil interaksi dalam bentuk output menandakan terjadi interaksi balasan yang dilakukan semenjak pengguna mengirimkan perintah dari perangkat input komputer.
Kajian Interaksi Manusia dan Komputer dipengaruhi oleh beberapa aspek, aspek manusia dan aspek komputer. Aspeklainnya yang memegang peranan penting adalah aspek lingkungan. Aspek lingkungan menjadi penting karena pola interaksi yang dilakukan seharusnya terjadi di dalam suatu keadaan yang nyaman dan aman.Sehingga aspek lingkungan adalah salah satu aspek penting dalam kajian Interaksi Manusia dan Komputer. Ketiga aspe kini kemudian dikenal dengan sebutan ergonomik (Santoso, 2009).Ketiga aspek ini memiliki tingkat keterkaitan yang tinggi. Mustahil terjadinya Interaksi Manusia dan Komputer jika tidak menggunakan perangkat yang didefinisikan sebagai komputer. Begitu juga untuk perangkat-perangkat lainnya.

2.2.      Usabilitas
Usability adalah masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna, Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan.
Yang terdiri dari :
a)        Sistem Harus Mudah Dioperasikan
b)        Sistem Mudah Dipelajari
c)        Memberi Kenyamanan Kepada Pengguna
2.3.      Antarmuka Pengguna (User Interface)
            Bahasan yang penting mengenai User Interface yaitu :
a)         Merupakan bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem.
b)        Dianggap sebagai jumlah keseluruhan keputusan rekayasa bentuk
c)         Menunjukkan fungsi sistem kepada pengguna
d)        Gabungan dari elemen sistem, pengguna dan komunikasi atau interaksi.

2.4.      Teori Basis Data
Menurut Connoly dan Begg (2010), basis data adalah kumpulan logika data yang berhubungan dan deskripsi dari data tersebut yang dirancang untuk kebutuhan informasi suatu organisasi.

2.5.      Teori  Database Management System
Menurut Connoly dan Begg (2010), "Database Management Systeam adalah sistem perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk mendefinisikan, membuat, memelihara, dan mengawasi akses ke database.
1. Keuntungan Database Management System
a.         Penggunaan data secara bersama (sharing of data)
b.        Mencegah duplikasi data (control of data redundancy)
c.         Menghindari Ketidakkonsisten data (data concistency)
d.        Keamanan yang terjamin (improved security)
e.         Integritas data yang terpelihara (improved data integrity)



BAB 3
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1.      Penjabaran Singkat Aplikasi
                    Aplikasi ini dipergunakan untuk menginput barang baru dan mengetahui stok, dan harga barang. Dalam sebuah aplikasi tentunya mempunyai beragam design yang dibuat berdasarkan keinginan pemilik toko.

3.2.      Tampilan dan Fungsi Aplikasi
Bagian Tengah (NamaBarang)
           
Gambar 3.6 (Tampilan Bawah)



Gambar 3.1. (Tampilan Aplikasi)

1.      Bagian Atas (Header)


Gambar 3.2 (Bagian Header)

            Dibagian atas aplikasi tersebut kurang tercantum nama admin yang bekerja, sehingga sulit mengetahui nama user.
            Saran :sebaiknya dalam aplikasi tersebut ditambahkan nama user.

1.      Bagian Kiri (Kode)    


Gambar 3.3 (Tampilan Kode Barang)

Bagian ini dibuat berdasarkan kode barang dan berfungsi untuk mempermudah pencarian data barang. Dibagian ini akan terlihat sedikit rumit apabila digunakan oleh new user. Dikarenakan harus menghafal banyak jenis kode barang.
            Saran : Dalam pembuatan kode barang harus dipermudah, sehingga setidaknya user dapat menghafal kode tersebut dengan cepat.

2.     

Gambar 3.4 (Tampilan Nama Barang)

Nama barang disesuaikan dengan kode barang, sehingga nantinya nama barang tidak ada yang sama dalam kode barang berbeda. Dan apabila salah memasukkan kode maka nama barang tersebut tidak akan muncul.
            Saran :Di dalam Tabel Barang tersebut sebaiknya dibuatkan bagian-bagian jenis barang. Agar mempermudah pencarian barang ketika salah satu kode tidak terbaca.

3.      Bagian Kanan (Harga)


Gambar 3.5 (Tampilan Harga Barang)

            Dalam table harga hitunganya menggunakan persatu lusin tidak per barang karena Mk Toyis menggunakan


4.      Bagian Bawah

Dalam penjelasan yang ke 5 ini merupakan bagian bawah yang berfungsi sebagai petunjuk untuk mempermudah user dalam mengambil keputusan dalam penggunaan aplikasi tersebut.



BAB 4
PENUTUP

4.1              Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat kami ambil dari penjelasan diatas yaitu bagaimana agar  tercipta suatu interaksi dan kenyaman kerja antara manusia dan komputer. Karena pada umumnya setiap orang pasti menginginkan kenyaman pada saat mereka sedang melakukan aktivitas. Begitupun dengan komputer yang nota bene adalah sebuah mesin yang dikendalikan oleh manusia juga memerlukan kenyamanan. Namun kenyamanan yang dirasakannya tidak bisa dirasakan oleh manusia. Tapi, secara teknis kenyamanan yang dirasakan oleh komputer dapat kita lihat dari output atau pengeluaran yang dihasilkannya.

4.2              Saran
Dalam pembuatan sebuah aplikasi sebaiknya benar-benar memperhatikan tampilan dan juga fungsinya dan alangkah baiknya menggunakan aplikasi yang lebih meperhatikan dari grafis atau tampilan yang lebih menarik. Adapun saran yang dapat kami sampaikan kepada kita semua yaitu agar selalu mencari tau apa yang belum kita tau. Dengan kata lain mencari ilmu sebagai bekal dimasa depan.











DAFTAR PUSTAKA

file:///D:/Interaksi%20Manusia%20dan%20Komputer/menurut%20para%20ahli.docx
http://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi