Dalam pemilihan Judul Tugas Akhir untuk jenjang DIII program studi Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Sistem Informasi dll, tentu saja merupakan hal yang berhubungan langsung dengan cara bagaimana kita bisa menyelesaikan dengan baik atau tidak dan hanya sekedar mendapat judul namun tidak bisa menyelesaikannya.
Oleh karenanya penulis berbagi sedikit tentang pengalaman yang telah penulis alamai ketika menyelesaikan pendidikan DIII Jurusan Manajemen Informatika di Kampus AMIK BSI Pontianak.
Dalam hal pemilihan judul Tugas Akhir banyak sekali yang bingung, mencari referensi kesana kemari namun kebanyakan judul-judul sudah pernah dibuat oleh orang-orang terdahulu,hehe.. Orang-orang terdahulu adalah senior kita, namun tidak ada salahnya kita mencari referensi dari judul-judul yang pernah dibuat. Dengan menggunakan metode ATM, ha apa itu ATM??? ATM merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Namun ATM disini bukan berarti kita menjiplak semua tanpa ada modifikasi ya? Jangan salah persepsi, karena penulis yakin bahwa semuanya butuh referensi demi suksesnya Tugas Akhir/Skripsi.
Dalam metode ATM ini kita dapat mengamati judul yang pernah dibuat sebelumnya atau penulis sebelum anda. apakah ada kemiripan dari sisi dalam dan sisi semua nya deh. Karena ATM ini juga secara langsung akan memberikan kita gambaran bagaimana aplikasi yang akan kita buat namun tidak mencontek secara full dan menjiplak/copy paste yaa??
Hal mengamati Tugas Akhir/Skripsi, Jurnal, dll tentu banyak sekali yang akan kita dapat, selanjutnya kita dapat menirunya. Dengan menggunakan metode meniru gaya penjabaran penulis pertama, carilah yang kira-kira merupakan sisi kelemahan dari aplikasi atau pokok permasalahan yang dibuat oleh penulis pertama, dengan demikian kita mendapatkan 1 judul dan referensi yang baik bukan?hehe
Sedangkan untuk modifikasi yaitu bagaimana kita bisa mengolah kata-kata tersebut dengan baik, sesuai dengan EYD dan pokok pembahasan dengan cermat dan tidak seasik copy paste ya :D.
Pemilihan outline ketika akan menyusun Tugas Akhir atau Skripsi adalah hal yang harus dipilih secara cermat dan jangan asal ikut-ikut temen yah? Karena yang akan mengerjakan kita, bukan temen kita. yang sidang kita, bukan temen kita. Ingat itu :D :D.. Jadi mau gimana pun kita hanya mencari referensi saja kepada temen, dosen, orang tua, buku-buku, majalah, internet, jurnal, Perpustakaan. dll
Berikut adalah contoh pengambilan Outline "Program Animasi Interaktif" program study Manajemen Informatika. di AMIK BSI Pontianak.
Silahkan temen-temen baca untuk bahan referensi, jika ada yang kurang jelas dan ingin bertanya silahkan komentar dibawah atau kirim email ke Kontak Person yang ada di Beranda. Terimakasih :)
Oh iya,, ingat ya lebih baik ATM dari pada Copy Paste :D
BAGI
SEKOLAH DASAR
TUGAS
AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan
Diploma Tiga (D.III)
IRWAN
HENDRA SAPUTRA
NIM: 12133463
Program Studi
Manajemen Informatika
Akademi Manajemen
Informatika dan Komputer “BSI Pontianak”
Pontianak
2016
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS
AKHIR
Yang bertanda tangan
di bawah ini:
Nama : Irwan Hendra Saputa
NIM :
12133463
Program Studi : Manajemen Informatika
Perguruan
Tinggi : AMIK “BSI
Pontianak”
Dengan ini menyatakan bahwa tugas akhir yang telah saya buat dengan judul: “Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan
Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar”, adalah asli (orsinil) atau tidak plagiat (menjiplak) dan
belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dimanapun dan dalam
bentuk apapun.
Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya
tanpa ada paksaan dari pihak
manapun juga. Apabila dikemudian hari ternyata saya memberikan keterangan palsu dan atau ada pihak lain yang mengklaim bahwa tugas akhir yang
telah saya buat adalah hasil
karya milik seseorang atau badan tertentu, saya bersedia diproses baik secara
pidana maupun perdata dan kelulusan saya dari Akademi Manajemen Informatika &
Komputer
Bina Sarana Informatika dicabut/dibatalkan.
Dibuat di : Pontianak
Pada tanggal : 22 Juli 2016
Yang menyatakan,
Irwan Hendra Saputra
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH
UNTUK
KEPENTINGAN AKADEMIS
Yang bertanda tangan di bawah
ini, saya:
Nama :
Irwan Hendra Saputra
NIM :
12133463
Program Studi : Manajemen Informatika
Perguruan
Tinggi : AMIK “BSI
Pontianak”
Dengan ini menyetujui
untuk
memberikan
ijin kepada pihak Akademi
Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika, Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif (Non-exclusive
Royalti-Free Right) atas karya ilmiah kami yang
berjudul: “Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan
Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar”, beserta perangkat
yang diperlukan
(apabila ada).
Dengan Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif ini pihak Akademi Manajemen
Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika berhak menyimpan, mengalih-media atau format-kan, mengelolaannya dalam pangkalan data (database), mendistribusikannya dan menampilkan
atau mempublikasikannya di internet atau media lain untuk kepentingan akademis tanpa
perlu meminta ijin dari kami selama tetap mencantumkan nama kami sebagai penulis/pencipta karya ilmiah tersebut.
Saya bersedia untuk menanggung secara pribadi, tanpa
melibatkan pihak Akademi Manajemen
Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika,
segala bentuk tuntutan
hukum yang timbul atas pelanggaran
Hak Cipta dalam karya ilmiah saya ini.
Demikian pernyataan
ini saya buat
dengan sebenarnya.
Dibuat di : Pontianak
Pada tanggal :
22 Juli 2016
Yang menyatakan,
Irwan Hendra Saputra
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS
AKHIR
Tugas Akhir ini diajukan oleh:
Nama : Irwan Hendra Saputra
NIM :
12133463
Program Studi : Manajemen Informatika
Jenjang : Diploma Tiga (D.III)
Judul Tugas
Akhir : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi
Sekolah Dasar.
Untuk dipertahankan pada periode I-2016 dihadapan penguji dan diterima sebagai bagian
persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh Diploma
Ahli Madya (A.Md) pada Program
Diploma Tiga (D.III) Program Studi Manajemen Informatika di
Akademi Manajemen Informatika & Komputer ”BSI
Pontianak”.
Pontianak, 22 Juli 2016
PEMBIMBING TUGAS
AKHIR
Dosen
Pembimbing : Ade Hendini, M.Kom .................................
D E W A N P E N G U
J I
Penguji I :
.................................................. .................................
Penguji II
:
.................................................. .................................
|
LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR
|
||
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA
|
NIM : 12133463
Nama
Lengkap : Irwan Hendra Saputra
Dosen
Pembimbing : Ade Hendini, M.Kom
Judul Tugas Akhir : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk
Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar.
No
|
Tanggal
Bimbingan
|
Pokok Bahasan
|
Paraf Dosen
Pembimbing
|
1.
|
13-04-2016
|
Bimbingan
Perdana
|
|
2.
|
22-04-2016
|
Bimbingan BAB
I
|
|
3.
|
18-05-2016
|
Acc BAB I
|
|
4.
|
15-06-2016
|
Acc BAB II dan
Konsul BAB III
|
|
5.
|
18-07-2016
|
Acc BAB III
dan Konsul BAB IV
|
|
6.
|
20-07-2016
|
Acc BAB IV
|
|
7.
|
21-07-2016
|
Acc
Keseluruhan
|
Catatan untuk Dosen Pembimbing.
Bimbingan Tugas Akhir
·
Dimulai pada
tanggal : 13 April 2016
·
Diakhiri pada
tanggal : 21 Juli 2016
·
Jumlah
pertemuan bimbingan : 7
Disetujui
oleh,
Dosen
Pembimbing
(Ade
Hendini, M.Kom)
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang
telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan
tugas ini dengan baik. Dimana
tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang
sederhana.
Adapun judul tugas akhir,
yang penulis ambil sebagai berikut,
“Pembuatan Media Pembelajaran Untuk
Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar”.
Tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sebagai salah
satu syarat kelulusan program Diploma Tiga (D.III) Akademi Manajemen Informatika dan
Komputer Bina Sarana Informatika. Sebagai
bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian
(eksperimen), observasi dan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis
menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas
akhir ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada
kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan
ucapan terima kasih kepada:
1.
Direktur Akademi Manajemen Informatika dan
Komputer “BSI Pontianak”.
2.
Ketua Program Studi Manajemen
Informatika
AMIK
“BSI
Pontianak”.
3.
Bapak Ade Hendini, M.Kom selaku Dosen
Pembimbing Tugas Akhir.
4.
Staff
/ karyawan / dosen dilingkungan AMIK “BSI Pontianak”.
5. Orang tua dan adik tercinta yang telah
memberikan dukungan moral
maupun
spiritual kepada penulis.
6.
Rekan-rekan
mahasiswa kelas MI-6A
yang saling mensuport.
Serta semua pihak yang terlalu banyak untuk
disebut satu persatu
sehingga
terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih
jauh sekali dari sempurna, untuk itu
penulis mohon kritik
dan saran yang bersifat
membangun
demi kesempurnaan penulisan
dimasa yang akan
datang.
Akhir kata semoga tugas akhir ini
dapat berguna
bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada
umumnya.
Pontianak, 22 Juli 2016
Penulis
Irwan Hendra Saputra
ABSTRACK
DAFTAR ISI
Lembar Judul
Tugas
Akhir.........................................................................................
i
Lembar Pernyataan
Keaslian Tugas
Akhir.................................................................
ii
Lembar Pernyataan
Persetujuan Publikasi
Karya Ilmiah............................................
iii
Lembar Persetujuan
dan Pengesahan Tugas Akhir....................................................
iv
Lembar Konsultasi Tugas Akhir................................................................................
v
Kata
Pengantar...........................................................................................................
vi
Abstrak ...................................................................................................................... viii
Daftar Isi....................................................................................................................
x
Daftar Gambar...........................................................................................................
xii
Daftar
Tabel.................................................................................................................
xiv
Daftar Lampiran......................................................................................................... xv
BAB
I PENDAHULUAN.............................................................1
1.1. Latar Belakang
Masalah.................................................................1
1.2. Maksud
dan Tujuan....................................................................2
1.3. Metode Penelitian............................................................................3
1.4. Ruang Lingkup................................................................................4
1.5. Sistematika Penulisan.............................................................5
BAB II LANDASAN TEORI.............................................................
7
2.1. Konsep Dasar Animasi ........................................................ 7
2.1.1. Fungsi Animasi ............................................................. 8
2.1.2. Jenis-jenis
Animasi ............................................... 8
2.1.3. Definisi Media
Pembelajaran ............................................ 9
2.1.4. Kegunaan Media.................................................................
10
2.1.5. Pengertian Gaya ................................................................. 10
2.2. Teori Pendukung..............................................................................
11
2.2.1. Macromedia Flash...............................................................
11
2.2.2. Adobe Photoshop CS3........................................................ 12
2.2.3. Storyboard .......................................................................... 12
2.2.4. Pengujian Black Box Testing .............................................. 13
BAB III PEMBAHASAN...................................................................................
14
3.1.Analisa Kebutuhan.........................................................................
14
3.1.1. Analisa Kebutuhan
Fungsional............................................
15
3.1.2. Analisa Kebutuhan
Non Fungsional....................................
16
3.2. Perancangan
Perangkat Lunak.......................................................
18
3.2.1. Rancangan Storyboard......................................................... 18
3.2.2. Rancangan Antar
Muka.......................................................
28
3.2.3. Hirarki Tampilan ................................................................. 41
3.3. Implimentasi dan
Pengujian Unit..................................................
42
3.3.1. Implimentasi ....................................................................... 42
3.3.2. Pengujian Unit.....................................................................
62
BAB IV PENUTUP.............................................................................................
71
4.1. Kesimpulan....................................................................................
71
4.2. Saran
............................................................................................. 72
DAFTAR PUSTAKA.............................................................................................
73
DAFTAR RIWAYAT
HIDUP...............................................................................
75
LAMPIRAN-LAMPIRAN.....................................................................................
76
Sekilas Aplikasi yang penulis buat:
Animasi 2 Menu yang bisa di pilih. |
Animasi Gaya, menu yang dapat dipilih. |
Pengaruh Gaya, dan menu yang dapat dipilih. |
Sedangkan untuk animasi geraknya ada dalam file apk.