Assalamualaikum Wr. Wb

Dirgahayu RI ke 72

Dirgahayu RI ke 72

Wisuda BSI ke VIII

Foto bersama Teman satu angkatan Wisuda, Prodi Manajemen Informatika.

Kelas 12.1B.30

Foto bersama teman-teman kelas 12.1B.30. Tahun 2013. Manajemen Informatika.

Seminar Kepemimpinan

Acara Seminar Kepemimpinan, yang dilaksanakan oleh Pengurus HIMMI BSI pontianak.Yang merupakan salah satu program kerja HIMMI 2014/2015.

Pengurus HIMMI 2014

Foto bersama saat pelepasan kepengurusan HIMMI BSI Pontianak ke Pengursan yang baru 2015/2016.

Foto Desember 2014

Foto Bersama HIMMI dengan foto Pengurus HIMMI baru dan HIMMI lama.

Minggu, 11 Juni 2017

Pengalaman Tes Masuk Kerja di Alfamart

Sebelum membicarakan tentang Alfamart, tentusaja Temen-temen sudah mengenal dan mengetahui dong apa itu Alfamart? Hehe
Logo Alfamart
Yups,, Alfamart merupakan tempat belanja kebutuhan pokok kita. Ya bisa dibilang penjualan secara retail (eceran). Saat ini alfamart sangat berkembang pesat di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Jadi tidak heran jika kita banyak melihat Alfamart di wilayah kita.

Disini saya akan membagikan pengalaman saya kepada temen-temen tantang tes masuk kerja di Alfamart. Sebelumnya saja juga belum mengetahui secara jelas dan lengkapnya bagaimana cara kerja di Alfamart, oleh karena itu saya penasaran dan ingin sekali bergabung dengan perusahaan tersebut.
Pada saat itu, dihari yang bahagia.. :D cieee

Kampus tempat saya menimba Ilmu, yaitu AMIK BSI Pontianak mengadakan job Fair yang mengundang lebih dari 20 perusahaan untuk datang ke Kampus Kami tercinta. Alhasil kami yang sedang menggur katakan saja lah, meskipun sebenearnya kami juga kerja sampingan di kampung.hehe

Job fair yang dibuka untuk umum, jadi tentu saja banyak yang datang untuk melihat lowongan yang tersedia tentunya. Baik dari kalangan mahasiswa yang ingin sekedar mengetahui apa sih itu job fair, para pencari kerja dan lain sebagainya.


Kampus AMIK BSI Pontianak

Banyak sekali perusahaan yang datang pada acara tersebut, salah satunya ya Alfamart tadi. Ehh,, tidakhanya itu tetangga sebelah juga hadir loh (I-Mart).. hihihi

Terlebih dahulu saya melihat brosur yang di tempel pihak perusahaan di mading, dan banyak sekali lowongan yang ada. Namun karena niat saya sudah pengen masuk ke Alfamart akhirnya saya mencari dimana letak brosur yang berlambangkan perusahaan Alfamart, dan ternyata ketemu deh.

Pada saat itu Alfamart sedang membutuhkan karyawan sebagi Posisi. 1. SLDP (Store Leader Depvelopment Programe) / ACOS, 2. Pramuniaga (kasir). Dan lain-lain,, lupa soalnya. Hhee

Sedangkan untuk posisi 1. SLDP kualifikasinya Min. Lulusan D3 semua jurusan dan untuk yang 2. Pramuniaga kualifikasinya Min. Lulusan SMA. Lowongan tersebut ditujukan untuk Laki-laki dan Perempuan. Dan tentu saja sehat jasmani serta rohani saat melamar pekerjaan. Hehe
Saya mengambil bagian SLDP (Store Leader Depvelopment Programe)/ ACOS

Setelah membaca dan melihat brosur tadi, tidak menunggu lama saya langsung mempersiapkan berkas lamaran dan ingin segera menyerahkan kepada pihak HRD Recruitment pihak Alfamart. Tidak butuh waktu lama untuk mempersiapkan berkas-berkas tersebut dan akhirnya selesai tinggal menyerahkannya.

Setelah berkas sudah selesai di masuk kan di amplop, saya dan temen satu nasih (nanggur) haha, sebut saja si Arpandu namnya, langusng menju stand Alfamart. Terlebih dahulu kami disambut dengan mbak HRD yang cantik-cantik, hehe
“silahkan duduk mas, terimakasih.”
“ini mas tolong di isi formulirnya terlebih dahulu”,

oh iya mbak saya menyahutnya.hihi degan hati yang berdebar-debar tentunya. Soalnya mbaknya buat baper, wkwkw,, ya meskipun itu memang sudah perkerjaan dari mbak-mbak tersebut.

Sesambil saya mengisi formulir, mbak tersebut ngomong “mas ini berkas lamarannya saya terima, nanti mas ikut tes hari senin tgl ....... ya, di jalan ......... pukul 08.00” dengan gugup saya menjawab “baik mbak terimakasih”.

Alhasil pada proses penyerahan berkas lamaran pun selesai, dan saya menunggu tanggal 28 Februari yang dikatakan oleh mbak tersebut.

Tara, tgl ...... pun datang. Dengan semangat yang baru bangun pagi, shalat subuh langung mandi dan siap-siap untuk mengikuti tes yang akan diadakan di Alfamart. Selesai sudah, jam pun sudah agak siang saya dan temen langsung caw ke Alamat yang di kasih sama mbak HRD kemarin.

Sesampai di kantor, tidak hanya saya yang berada disana. Ternyata banyak sekali yang tes pada hari itu. Tidak terkecuali temen-temen kampus dengan ku. Ahaa ini merupakan suatu kebanggaan karena bisa ketemu temen lama dan tidak ragu dan malu untuk menyapanya.

Pada hara itu yang mengikuti Tes 39 Orang, terdiri 52 % perempuan 48 % laki-laki. Tes pun dimulai, dengan pembukaan singkat oleh Bapak I.... dan menjelaskan tatacara tes yang akan kami jalani. Mulai dari fisik, psikologi, dan wawancara.

Tes dimulai pukul 08.30 dan selesai sekitar pukul 11.45 an, dan saat itu juga langsung di umumkan siapa saja yang lolos di tes Kesehatan dan Psikologi, dan alhamdulilah dari 20 orang yang lolos salah satunya adalah saya. Saya sangat bersyukur dan merasa bangga juga. Juga temen dekat Saya Arpandu juga lolos ke tahap berikutnya yaitu tahap Wawancara 1.

Berikut temen dekat saya : :D
Pengalaman Tes Masuk Kerja di Alfamart

Wawancara 1 dimulai pukul 13.30, jadi ada waktu sekitar satu jam setengah untuk istirahat dan makan siang, setelah selesai tibalah pukul 13.30. satu persatu peserta yang lolos dipanggil. Namun nama Irwan hendra Saputra kenapa tidak dipanggil-panggil yaa.. makin gugup donk tentu saja, sedangkan yang lain sudah pulang meninggalkan ruangan wawancara 1.

Tara dan akhirnya Nama Irwan hendra Saputra pun dipanggil dan akan mengikuti wawancara 1.. hehe alhadulilah

Dalam wawancara 1 yaa begitu lah seperti wawancara dimana aja, pertama ya perkenalkan diri dulu.hehe, biar si pewawancara tau bro.. :D

Diakhir wawancara, diberitahuan bahwa hasil pengumunan lolos wawancara 1 akan di kabari 1 – 2 minggu kedepan, tetapi jika dalam waktu 2 minggu tidak ada respon, mohon maaf berarti pihak Alfamart tidak menerima dan atau tidak lolos.

Proses seleski tes di Alfamart sangat lah ketat, mulai dari tes kesehatan, fisik, psikologi, dan wawancara sudah di laksanakan tinggal menunggu hasilnya,, J

Namun, kenapa dalam waktu 1 minggu belum ada respon ya? Saya sudah putus asa dan ingin mencari pekerjaan baru. Mungkin sudah tidak ada peluang buat lolos dan masuk ke bagian dari keluarga Alfamart.

Hari Jum’at tiba, sudah kewajiban seorang laki-laki beragama islam dan balig untuk melaksanakan shalat Jum’at. Selesai pulang shalat, saya sedang bermain game. Entah kenapa pada waktu itu pengen aja pegang hp. Ting ting bunyi hp dan masuk nomor baru, perasaan saya jadi bingung siapa ini ya?? 

Dan saya angkat telfon tersebut, terdengar suara cewek yang ngomong:
Cewek: “Selamat Siang, dengan Bapak Irwan Hendra Saputra”
Saya: “iya benar ini dengan saya sendiri”
Cewek: “Gini pak, kami dari pihak Reckruitmen Alfmarat, ingin mengundang bapak untuk wawancara ke 2, pada hari senin tgl ...., di kantor ...... pukul 13.00. apakah bapak bisa hadir?”
Saya: (gugup) “ehmmm... bisa mbak”
Cewek: “baik terimaksih, sebelumya ada yang mau ditanyakan pak?”
Saya: (gugup) “o iya mbak menggunakan pakaian apa yaa??”
Cewek: “pakaian bebas rapi pak”
Saya: (gugup) “oh iya mbak, terimakasih”.
Tut..... tut..... tut......

Dan akhirnya saya mendapat kan undangan untuk hadir dalam wawancara tahap ke 2 dan merupakan wawancara tahap akhir.

Sesuai dengan hari yang diundang, saya segera datang pukul 12.30 karena jalanan juga macet. Sesampai di kantor, saya bertemu dengan orang-orang yang saya duga mereka juga di undang oleh pihak Alfamart, dan ternyata benar. Mereka juga mendapat kan undangan untuk mengikuti wawancara, namun kok teman-teman yang seangkatan degan saya tes kok hanya sedikit, ternyata temen-temen belum dapat panggilan.

Jam pun tepat jam 13.00, kami dipanggil satu persatu dan wawancara pun dimulai. Diakhir wawancara diberitahukan bahwa hasil wawancara ke 2 ini akan diumukan nanti sore dan paling lambat besok sore.

Tentu saja kita sebagai peserta yang mengikuti wawancara ke 2 sangat berharap jawaban nya adalah positif bukan. Dan ternyata sore belum mendapat tanggpan, ke esokan harinya juga belum ada tanggapan. Wah saya sudah negatif thinking, kalo harapan kerja di Alfamart tidak akan tercapai. Akhirnya saya memutuskan untuk pulang kampung. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan pulang kampung ini,, hahaha

Saya di kampung tidak lama hanya 3 hari saja. Akhirnya saya kembali merantau ke Kota, perjalan dari kampung ke Kota tempat tujuan saya lumayan jauh. Akhirnya saya berhenti di warung bakso tempat langganan saya, saya berhenti memesan bakso dan minuman.

saya duduk dan mengambil hp, kok ada panggilan tak terjawab, dalam hati “jangan-jangan ini panggilan dari pihak Alfamart. Dengan pulsa yang sisa Rp 4.000,- saya menelfon ke lain operator.
Dan ternyata benar sekali, nomor tadi adalah nomor dari pihak Alfamart yang mengundang saya untuk hadir besok siang ke kantor untuk tanda tangan kontrak.

Alhamdulilah, dengan bangga saya mengabarkan kabar baik ke keluarga bahwa saya mendapat kesempatan untuk bergabung dan menandatangi tandangan kontrak.
Itu sedikit dan singkatnya Pengalaman Tes Masuk kerja di Alfamart.

Untuk pengalaman selanjutnya yaitu dimasa-masa training dan keseruan saat “SatuMinggu Training di Alfamart”.

Jadi kesimpulan yang bisa dipetik adalah, kita sebagi pelamar dan pencari kerja tentu saja harus tetap semangat, benar-benar mejalani proses, berusaha, sabar dan meminta restu orang tua serta selalu berdoa kepada Allah,swt yang memberikan nikmat segalnya.

Karena semuanya butuh proses, tidak ada yang instan di dunia ini.

Mie instan aja butuh proses, yang sudah jelas-jelas namanya mie instan, yaitu dibuka dulu bungkus nya, di rebus, baru dituang ke mangkuk dan diberi bumbu, baru bisa dinikmati.


Ingat, segala proses yang baik tidak akan menghianati hasil yang akan di capai nantinya.

Jumat, 31 Maret 2017

Judul Tugas Akhir - Manajemen Informatika (Bina Sarana Informatika) Animasi Interaktif

irwanhendrasaputra.blogspot.com



Dalam pemilihan Judul Tugas Akhir untuk jenjang DIII program studi Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Sistem Informasi dll, tentu saja merupakan hal yang berhubungan langsung dengan cara bagaimana kita bisa menyelesaikan dengan baik atau tidak dan hanya sekedar mendapat judul namun tidak bisa menyelesaikannya. 

Oleh karenanya penulis berbagi sedikit tentang pengalaman yang telah penulis alamai ketika menyelesaikan pendidikan DIII Jurusan Manajemen Informatika di Kampus AMIK BSI Pontianak. 
Dalam hal pemilihan judul Tugas Akhir banyak sekali yang bingung, mencari referensi kesana kemari namun kebanyakan judul-judul sudah pernah dibuat oleh orang-orang terdahulu,hehe.. Orang-orang terdahulu adalah senior kita, namun tidak ada salahnya kita mencari referensi dari judul-judul yang pernah dibuat. Dengan menggunakan metode ATM, ha apa itu ATM??? ATM merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Namun ATM disini bukan berarti kita menjiplak semua tanpa ada modifikasi ya? Jangan salah persepsi, karena penulis yakin bahwa semuanya butuh referensi demi suksesnya Tugas Akhir/Skripsi. 

Dalam metode ATM ini kita dapat mengamati judul yang pernah dibuat sebelumnya atau penulis sebelum anda. apakah ada kemiripan dari sisi dalam dan sisi semua nya deh. Karena ATM ini juga secara langsung akan memberikan kita gambaran bagaimana aplikasi yang akan kita buat namun tidak mencontek secara full dan menjiplak/copy paste yaa??

Hal mengamati Tugas Akhir/Skripsi, Jurnal, dll tentu banyak sekali yang akan kita dapat, selanjutnya kita dapat menirunya. Dengan menggunakan metode meniru gaya penjabaran penulis pertama, carilah yang kira-kira merupakan sisi kelemahan dari aplikasi atau pokok permasalahan yang dibuat oleh penulis pertama, dengan demikian kita mendapatkan 1 judul dan referensi yang baik bukan?hehe

Sedangkan untuk modifikasi yaitu bagaimana kita bisa mengolah kata-kata tersebut dengan baik, sesuai dengan EYD dan pokok pembahasan dengan cermat dan tidak seasik copy paste ya :D. 

Pemilihan outline ketika akan menyusun Tugas Akhir atau Skripsi adalah hal yang harus dipilih secara cermat dan jangan asal ikut-ikut temen yah? Karena yang akan mengerjakan kita, bukan temen kita. yang sidang kita, bukan temen kita. Ingat itu :D :D.. Jadi mau gimana pun kita hanya mencari referensi saja kepada temen, dosen, orang tua, buku-buku, majalah, internet, jurnal, Perpustakaan. dll

Berikut adalah contoh pengambilan Outline "Program Animasi Interaktif" program study Manajemen Informatika. di AMIK BSI Pontianak.

Silahkan temen-temen baca untuk bahan referensi, jika ada yang kurang jelas dan ingin bertanya silahkan komentar dibawah atau kirim email ke Kontak Person yang ada di Beranda. Terimakasih :)

Oh iya,, ingat ya lebih baik ATM dari pada Copy Paste :D



PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN GAYA DALAM FISIKA
BAGI SEKOLAH DASAR




TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Diploma Tiga (D.III)


IRWAN HENDRA SAPUTRA
NIM:  12133463


Program Studi Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “BSI Pontianak”
Pontianak
2016





SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Irwan Hendra Saputa
NIM                             : 12133463
Program Studi             : Manajemen Informatika
Perguruan Tinggi         : AMIK “BSI Pontianak”

Dengan ini menyatakan bahwa tugas akhir yang telah saya buat dengan judul: Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi  Sekolah Dasar, adalah asli (orsinil) atau tidak plagiat (menjiplak) dan belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dimanapun dan dalam bentuk apapun.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Apabila dikemudian hari ternyata saya memberikan keterangan palsu dan atau ada pihak lain yang mengklaim bahwa tugas akhir yang telah saya buat adalah hasil karya milik seseorang atau badan tertentu, saya bersedia diproses baik secara pidana maupun perdata dan kelulusan saya dari Akademi Manajemen Informatika & Komputer Bina Sarana Informatika dicabut/dibatalkan.

Dibuat di        : Pontianak
Pada tanggal  : 22 Juli 2016
Yang menyatakan,





Irwan Hendra Saputra





SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                           : Irwan Hendra Saputra
NIM                            : 12133463
Program Studi             : Manajemen Informatika
Perguruan Tinggi         : AMIK “BSI Pontianak”

Dengan  ini  menyetujui  untuk  memberikan ijin kepada pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika, Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif (Non-exclusive Royalti-Free Right) atas karya ilmiah kami yang berjudul: Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi  Sekolah Dasar, beserta perangkat yang diperlukan (apabila ada).

DengaHak Bebas Royalti  Non-Eksklusif  ini pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika berhak menyimpan, mengalih-media atau format-kan, mengelolaannya dalam pangkalan data (database), mendistribusikannya dan menampilkan atau mempublikasikannya di internet atau media lain untuk kepentingan akademis tanpa perlu meminta ijin dari kami selama tetap mencantumkan nama kami sebagai penulis/pencipta karya ilmiah tersebut.

Saya bersedia untuk menanggung secara pribadi, tanpa melibatkan pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika, segala bentuk tuntutan hukum yang timbul atas pelanggaran Hak Cipta dalam karya ilmiah saya ini.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di                 : Pontianak
Pada tanggal          : 22 Juli 2016
Yang menyatakan,








Irwan Hendra Saputra





PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR

Tugas Akhir ini diajukan oleh:
Nama                          : Irwan Hendra Saputra
NIM                            : 12133463
Program Studi            : Manajemen Informatika
Jenjang                        : Diploma Tiga (D.III)
Judul Tugas Akhir     : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar.
Untuk dipertahankan pada periode I-2016 dihadapan penguji dan diterima sebagai bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh Diploma Ahli Madya (A.Md) pada Program Diploma Tiga (D.III) Program Studi Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika & Komputer ”BSI Pontianak”.

Pontianak,  22 Juli 2016

PEMBIMBING TUGAS AKHIR

Dosen Pembimbing    :  Ade Hendini, M.Kom          .................................
D E W A N    P E N G U J I

Penguji I         :    ..................................................       .................................

Penguji II        :    ..................................................       .................................








 
LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA

NIM                            : 12133463                          
Nama Lengkap           : Irwan Hendra Saputra                                          
Dosen Pembimbing    : Ade Hendini, M.Kom
Judul Tugas Akhir      : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya   Dalam   Fisika Bagi Sekolah Dasar.

No
Tanggal
Bimbingan
Pokok Bahasan
Paraf Dosen
Pembimbing
1.                                                             
13-04-2016
Bimbingan Perdana

2.                                                             
22-04-2016
Bimbingan BAB I

3.                                                             
18-05-2016
Acc BAB I

4.                                                             
15-06-2016
Acc BAB II dan Konsul BAB III

5.                                                             
18-07-2016
Acc BAB III dan Konsul BAB IV

6.                                                             
20-07-2016
Acc BAB IV

7.                                                             
21-07-2016
Acc Keseluruhan


Catatan untuk Dosen Pembimbing.
Bimbingan Tugas Akhir
·         Dimulai pada tanggal                :  13 April 2016
·         Diakhiri pada tanggal               :  21 Juli 2016
·         Jumlah pertemuan bimbingan :  7


                                                                                                   Disetujui oleh,
                                                                                                   Dosen Pembimbing




                                                                                                 (Ade Hendini, M.Kom)





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Dimana tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana.  Adapun  judul  tugas  akhir,  yang  penulis  ambil  sebagai  berikut,  Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar.
Tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan program Diploma Tiga (D.III) Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (eksperimen), observasi dan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas akhir ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.        Direktur Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “BSI Pontianak”.
2.        Ketua Program Studi Manajemen Informatika AMIK “BSI Pontianak”.
3.        Bapak Ade Hendini, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir.
4.        Staff / karyawan / dosen dilingkungan AMIK “BSI Pontianak”.
5.    Orang tua dan adik tercinta yang telah memberikan dukungan moral maupun spiritual kepada penulis.
6.        Rekan-rekan mahasiswa kelas MI-6A yang saling mensuport.
Serta  semua  pihak  yang  terlalu   banyak   untuk   disebut   satu   persatu  sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.
Akhir kata semoga tugas akhir ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.
Pontianak, 22 Juli 2016
Penulis



  Irwan Hendra Saputra




ABSTRACK





DAFTAR ISI

Lembar Judul Tugas Akhir......................................................................................... i
Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir................................................................. ii
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah............................................ iii
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.................................................... iv
Lembar Konsultasi Tugas Akhir................................................................................ v
Kata Pengantar........................................................................................................... vi
Abstrak ...................................................................................................................... viii
Daftar Isi.................................................................................................................... x
Daftar Gambar........................................................................................................... xii
Daftar Tabel................................................................................................................. xiv
Daftar Lampiran......................................................................................................... xv
BAB I        PENDAHULUAN.............................................................1
1.1. Latar Belakang Masalah.................................................................1
1.2. Maksud dan Tujuan....................................................................2
1.3. Metode Penelitian............................................................................3 
1.4. Ruang Lingkup................................................................................4
1.5. Sistematika Penulisan.............................................................5

BAB II     LANDASAN TEORI............................................................. 7
2.1. Konsep Dasar Animasi ........................................................  7
2.1.1. Fungsi Animasi .............................................................  8
2.1.2. Jenis-jenis Animasi ...............................................  8
2.1.3. Definisi Media Pembelajaran ............................................  9
2.1.4. Kegunaan Media................................................................. 10
2.1.5. Pengertian Gaya .................................................................  10
2.2. Teori Pendukung.............................................................................. 11
2.2.1. Macromedia Flash............................................................... 11
2.2.2. Adobe Photoshop CS3........................................................ 12
2.2.3. Storyboard ..........................................................................  12
2.2.4. Pengujian Black Box Testing ..............................................  13
                           
BAB III     PEMBAHASAN................................................................................... 14
3.1.Analisa Kebutuhan......................................................................... 14
3.1.1. Analisa Kebutuhan Fungsional............................................ 15
3.1.2. Analisa Kebutuhan Non Fungsional.................................... 16
3.2. Perancangan Perangkat Lunak....................................................... 18
3.2.1. Rancangan Storyboard......................................................... 18
3.2.2. Rancangan Antar Muka....................................................... 28
3.2.3. Hirarki Tampilan .................................................................  41
3.3. Implimentasi dan Pengujian Unit.................................................. 42
3.3.1. Implimentasi .......................................................................  42
3.3.2. Pengujian Unit..................................................................... 62


BAB IV     PENUTUP............................................................................................. 71
4.1.   Kesimpulan.................................................................................... 71
4.2.   Saran .............................................................................................  72

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 73
DAFTAR RIWAYAT HIDUP............................................................................... 75
LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................................... 76



Sekilas Aplikasi yang penulis buat:

irwanhendrasaputra.blogspot.com
Animasi 2 Menu yang bisa di pilih.


irwanhendrasaputra.blogspot.com
Animasi Gaya, menu yang dapat dipilih.


irwanhendrasaputra.blogspot.com
Pengaruh Gaya, dan menu yang dapat dipilih.

Sedangkan untuk animasi geraknya ada dalam file apk.