Assalamualaikum Wr. Wb

Selasa, 27 Maret 2018

Air Terjun Riam Manajur dan Riam Maratok

Air Terjun Riam Manajur dan Riam Maratok

AirTerjun Riam Manajur dan Riam Maratok ini terletak di Desa Laek, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang - Kalimantan Barat. Kurang lebih 45-50 KM dari Kota Bengkayang.

Untuk berlibur di daerah perairan khusus nya untuk air terjun, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang inilah tempat yang cocok untuk di kunjungi. Karena kita dapat memilih tempat mana yang pas untuk kita, kita dapat meperkirakan jarak dan keindahan airnya. Atau juga kita dapat mengujungi karena kita ingin menjelajah tempat-tempat air terjun yang ada di Kecamatan Sanggau Ledo ini.

Disini penulis akan menceritakan bagaimana perjalan dan bagaimana keadaan yang ada di Air Terjun Riam Manajur dan Riam Maratok. Oke sedikit bercerita juga sih sebenarnya hihi

Untuk perjalanan menuju Riam ini tidak lah sulit, jalan yang dilalui melaui darat saja ya J, dari kota Bengkayang langsung saja menuju Ledo (Desa Lesabella), selanjutnya menuju ke arah Sanggau Ledo. Untuk jalan pintas kita dapat melewati Paket C atau biasa di sebut Desa Kamuh, kita belok saja melalui simpang Kandasan. Orang-orang sekitar pati tau kok simpang Kandasan dan tentu saja tidak akan tersesat.

Sesampai di Desa Kamuh (Paket C) kita lurus mengikuti tiang listrik saja, sampe menuju ke daerah Paket D. Tidak begitu jauh kok, jalan juga alhamdulilah lancar jaya.

Sampai di  dawerah Paket D ini, perjalan kita menuju desa Laek tidak jauh lagi. Maka bersabar lah guys. :D

Jalan yang agak sempit dan berliku menjadi kan perjalanan agak terasa lama jika kita baru saja melewatinya, namun terasa dekat kalo sudah sering meleatinya. Selalu hati-hati yaa :D

Daerah yang akan kita lewati setelah simpang Kandasan ini adalah mayoritas perkebunan karet dan palawija, bahkan melewati perkebunan sawit dan perumahan penduduk. Jadi sangat aman jika haus tidak perlu kuatir tersedia warung untuk membeli minuman dan makanan ringan. :D

Sebelum memasuki desa Laek, teman-teman yang akan di kejutkan dengan keindahan alamnya. Anda akan memasuki kawasan yang menurut saya adalah alam yang indah karena sangat asri, coba aja deh kalo gak percaya. Hihihi

Memasuki desa Laek teman-teman bagi yang tidak tau atu belum ada kaawn yang membawa, silahkan tanya ama orang yang ada di kampung tersebut. Pasti akan diantarkan atau di tunjukan jalan menuju Riam Manajur dan Riam Maratok.

Kalau mau ke Riam ini saya sarankan waktu musim kemarau saja, karena pertimbangan jalan setelah desa Laek dan untuk air terjunnya tentu saja akan lebih jernih dari pada saat musim hujan. J

Sesampai di Air Terjun Riam Manajur dan Riam Maratok, tentu saja kita harus selalu berhati-hati karena medan yang akan dileawti menuju air terjun sedikit licin ketika musim hujan.

Selalu jaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan, matikan api jika sudah selesai digunakan :D

Ketika sudah sampai di air terjun, anda akan di sambut dengan suara air tentunya :D, air sangat jernih dan bersih. Untuk yang hobi berenang juga bisa karena arus air tidak begitu deras hanya saja selalu berhati-hati.

Jika ingin bermalam juga di perbolehkan asalkan selalu kordinasi terlebih dahulu dengan pengelola tempat tersebut agar lebih aman.

Saat musim liburan tiba tempat ini akan banyak di kunjungi oleh wiswatawan untuk berlibur bersama sanak saudara dan sahabat terdekat.

Untuk yang membawa kendaraan sebaiknya menggunakan sepeda motor saja, karena akan lebih mudah. Jika yang membawa mobil sebaiknya di titipkan di Desa Laek saja.

Riam Manajur ini berdekatan langsung dengan riam Maratok, jadi jika sudah ke salah satu riam sebaiknya mengunjungi riam sebelahknya juga karena jaraknya tidak jauh.

Karena berlibur itu penting, selain untuk membuang penat karena kerja terus. Berlibur juga sangat di anjurkan untuk melihat keindahan alam yang tersedia di bumi dan yang disediakan oleh sang maha pencipta. J

Berikut beberapa dokumentasi yang kami peroleh ketika mengunjungi Air Terjun Riam Manajur dan Riam Maratok. J



Temen-temen Ngetrip 


Temen-temen Ngetrip

Temen-temen Ngetrip








0 komentar: