Assalamualaikum Wr. Wb

Senin, 23 Juni 2014

UAS manajemen bisnis Semester 2

Pertemuan 1

1. Lahirnya konsep manajemen ditengah gejolak masyarakat sebagai konsekuensi akibat dari:

a.Tidak seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan sosial
b.Adanya bencana alam yang menimpa negara tersebut
c.Adanya intervensi dari pihak pemerintah
d.Seimbangnya pengembangan teknis dengan kemampuan ekonomi

2. Langkah-langkah metode ilmiah yang diaplikasikan dalam manajemen, kecuali:
a. Prediksi                   c.Testing dan verifikasi
b. Generalisasi            d.Rumusan hipotesis

3. Menurut Stoner & Wankel, dalam batasan manajemen prosesnya meliputi:

a. Perencanaan           c. Pengendalian
b. Kepemimpinan        d. Semua benar

4. Elemen sasaran manajemen:

a. Manusia                  c. Objective
b. Mekanisme kerja    d. a dan b benar

5. Bagian yang terpenting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan masalah manajerial:

a. Manajemen            c. Filsafat manajemen 
b. Ilmu                         d. Seni


Pertemuan 2

1. Kesamaannya antara manajemen, manajer dan kepemimpinan kedudukannya adalah:

a. Berada dalam organisasi                c. Sifat dan jiwanya
b. Manusianya atau orangnya             d. Kedudukan dan kekuasannya

2. Perbedaan antara manajemen, manajer dan kepemimpinan dilihat dari:

a. Bentuk organisasinya                      c. Sifat & jiwanya
b. Saling berinterkasi                          d. Adanya keterkaitan

3. Tingkatan manajemen dalam organisasi menurut T. H. Handoko membagi manajer menjadi tiga golongan diantaranya:

a. Manajer lini-pertama                     c. Direktur
b. Manajer personalia                        d. Komisaris

4. Central figure, leader, dan liaison dalam peran manajer termasuk dalam peran:

a.Antar pribadi manajer                     c. Pengambil Keputusan
b.Informasional                                   d. Perencanaan

5. Menurut cakupan kegiatannya, manajer dapat dibedakan menjadi empat kelompok diantaranya:

a. Manajer hierarki pertama             c. Manajer lini ketiga
b. Manajer lini kedua                                      d. Manajer lini keempat
Pertemuan 3

1. Perkembangan teori manajemen telah dikelompokkan. Kelompok tersebut dikenal dengan: 

a. Aliran/Mazhab                                c. Arti/makna 
b. Faham/golongan                             d. Formal/informal

2. Manajemen ilmiah dan teori klasik termasuk ke dalam mazhab:

a. Klasik                                               c. Neoklasik pertama 
b. Ilmu manajemen                            d. Perilaku

3. Munculnya mazhab ilmu manajemen dilatarbelakangi oleh lahirnya :

a. Motivation Theory                          c. Operation Research 
b. Operation Production                     d. Teori organisasi klasik

4. Abraham Maslow mengemukakan teori motivasi :

a. Teori motivasi higienis                   c. Hierarki kebutuhan
b. Teori X dan Teori Y                                     d. Pendekatan Contingency

5. Pakar Mazhab perilaku yang mengemukakan bahwa para bawahan akan bekerja lebih keras jika manajemen memikirkan kesejahteraannya dan memberikan perhatian khusus :

a. Hugo Munsterberg                                     c. Elton Mayo
b. Henry Fayol                                     d. Charles Babbage



Pertemuan 4

1. Rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi yang lebih luas :

a. Rencana Strategis                           c. Rencana operasional 
b. Single Use Plan                               d. Standing Plan

2. Menurut Peter Drucker, seorang manajer dalam setiap operasinya lebih menekankan :

a. Efisiensi                                           c. Efektivitas 
b. Produktivitas                                   d. Motivasi

3. Penyebab anggota organisasi menolak rencana perubahan, diantaranya :

a. Ketidakpastian sebab dan akibat perubahan 
b. Kengganan untuk melepaskan keuntungan yang ada 
c. Kesadaran akan kelemahan yang diusulkan 
d. Semua benar

4. Teori perubahan sistem yang membangkitkan imajinasi masyarakat dan memecahkan masalah dengan mengusulkan penghapusan pendekatan baru :

a. Metodisme                                      c. Rasionalisme 
b. Utopianisme                                    d. Inkrementalisme

5. Rencana Tetap (standing plan) diantaranya :

a. Proyek                                             c. Anggaran 
b. Program                                          d. Prosedur Standar
Pertemuan 5

1. Tipe tujuan dimana digunakan organisasi untuk meletakkan kekuasaannya dalam pencapaian tujuan-tujuan lain :

a. Societal goals                                  c. Output goals
b. System goals                                   d. Derived goals

2. Melayani penerbangan sebanyak mungkin bagi penumpang, termasuk :

a. Misi                                                             c. Misi Organisasi
b. Tujuan umum                                  d. Tujuan khusus

3. Bukan merupakan fungsi tujuan organisasi :

a. Sumber legitimasi                           c. Sumber motivasi 
b. Standar pelaksanaan                      d. Pelengkap

4. Menurut Peter Drucker, tujuan yang harus ditetapkan perusahaan diantaranya :

a. Profitabilitas                                   c. Inovasi 
b. Posisi Pasar                                     d. Semua benar

5. Termasuk koalisi eksternal dalam proses perumusan tujuan yaitu :

a. Supplier                                           c. Manajemen 
b. Karyawan                                        d. Manajer

Pertemuan 6

1. Teknik pengambilan keputusan konvensional dipakai untuk menangani permasalahan bersifat :

a. Sederhana                                       c. Kompleks 
b. Sedang                                            d. Rumit

2. Model pengambilan keputusan yang banyak digunakan para ekonom dan ilmuwan manajemen :

a. Model Normatif                              c. Model Deskriptif 
b. Model Narasi                                  d. Model Aktif

3. Kategori analisis pengambilan keputusan diantaranya :

a. Ketidakpastian                                c. Resiko 
b. Kepastian                                        d. Semua benar

4. Faktor penting dalam proses pengambilan keputusan adalah :

a. Evaluasi alternatif                           c. Seleksi alternatif 
b. Permasalahan yg dihadapi                         d. Pengawasan

5. Model proses pengambilan keputusan menurut Herbert A. Simon, kecuali :

a. Pemotivasian                                  c. Penelitian 
b. Perancangan                                    d. Pemilihan

Pertemuan 9

1. Organisasi adalah sistem transformasi masukan dan keluaran yang bergantung pada lingkungan,merupakan konsep :

a. Sistem Politik                                  c. Kontrak sosial 
b. Sistem Terbuka                               d. Koalisi

2. Kelompok formal dan informal dibentuk dengan alasan:

a. Pemuasan kepuasan                       c. Alasan ekonomi 
b. Tujuan kelompok                            d. Semua benar

3. Struktur organisasi yang digunakan oleh perusahaan besar dan perusahaan multi produk yaitu :

a. Fungsional                                       c. Produk atau Pasar
b. Matriks                                            d. Staff

4. Keunggulan struktur Matriks, kecuali :

a. Membebaskan top management untuk perencanaan 
b. Memberikan fleksibilitas kepada organisasi 
c. Melibatkan dan menantang perorangan 
d. Menuntut ketrampilan antar pribadi yang tinggi

5. Pola utama atas pembagian produk atau pasar diantaranya, kecuali :

a. In division by product                      c. Division by work
b. Division by geography                    d. Division by Customer

Pertemuan 10

1. Saling ketergantungan dimana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dahulu sebelum satuan yang lain dapat bekerja :

a. Pooled interdependence                 c. Sequential interdependence
b. Reciprocal interdependence          d. Times interdependence

2. Mekanisme dasar untuk pencapaian koordinasi diantaranya :

a. Hirarki Manajerial                          c. Aturan & Prosedur 
b. Rencana & Tujuan                          d. Semua benar



3. Semakin lebar rentang manajemen akan menghasilkan struktur organisasi yang berbentuk :

a. Flat                                                 c. Tall
b. Short                                                d. Big

4. Menurut Henri Fayol,jumlah maksimum bawahan yang dapat dikendalikan oleh setiap pengawas produksi :

a. 10 – 20 orang                                  c. 20 – 30 orang 
b. 30 – 40 orang                                  d. 5 – 10 orang

5. Pedoman yang dipakai untuk menentukan rentang manajemen adalah faktor berikut ini
kecuali :

a. Bawahan                                         c. Atasan 
b. Kolusi                                               d. Situasi

Pertemuan 11

1. Wewenang ada karena seseorang diberi/dilimpahi/diwarisi,merupaka pandangan :

a. Teori Penerimaan                           c. Teori Formal
b. Teori Authority                                d. Teori Power

2. Dipecat & ditegur akan diterima karyawan bila tidak melaksanakan perintah pimpinan 

a. Coercive Power                               c. Reward Power
b. Referent Power                               d. Expert Power

3. Wewenang di mana atasan melakukannya atas bawahannya langsung :

a. Staff Authority                                 c. Line Authority
b. Functional Authority                       d. Management Authority

4. Proses pendelegasian yang mengalir setingkat demi setingkat dari tingkatan paling atas sampai tingkatan paling bawah :

a. Prinsip kesatuan perintah               c. Prinsip Akuntabilitas 
b. Prinsip tanggung jawab                  d. Prinsip Skalar

5. Alasan pendelegasian diantaranya :

a. Organisasi dapat berfungsi lebih efisien 
b. Bawahan dapat tumbuh dan berkembang 
c. Manajer dapat berkonsentrasi pada tugas penting 
d. Semua benar


Pertemuan 12

1. Bukan merupakan teori Proses :

a. Teori Harapan                                 c. Teori Dua faktor 
b. Teori Keadilan                                 d. Teori Penguatan

2. Hierarki kebutuhan keempat menurut Maslow, yaitu :

a. Physiological needs                         c. Safety needs
b. Recognition needs                          d. Social needs

3. Bentuk motivasi antara lain :

a. Kinerja                                             c. Tanggung jawab 
b. Kebajikan                                        d. Penghargaan

4.Motif sering dirumuskan sebagai, kecuali :

a. Need                                                c. Impulse
b. Reward                                            d. Drive

5. Individu terus menerus memperl;ihatkan pola perilaku sama meskipun pengalamannya memperlihatkan hal itu tidak menghasilkan apapun :

a. Frustration                                      c. Regresion 
b. Fixation                                           d. Rationalization

Pertemuan 13

1. Model proses komunikasi yang paling sederhana melibatkan unsur berikut ini, kecuali :

a. Penerima                                        c. Berita 
b. Pemakai                                          d. Pengirim

2. Pengubahan berita ke dalam sandi disebut :

a. Decoding                                         c. Encoding
b. Transmitting                                   d. Source



3. Untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks menggunakan jaringan komunikasi :

a. Lingkaran & Rantai                                     c. Huruf Y
b. Bintang                                            d. Lingkaran

4. Komunikasi yang terjadi antara manajer SDM dan manajer Keuangan adalah :

a. Komunikasi Vertikal                        c. Komunikasi Diagonal
b. Komunikasi lateral                          d. Downward

5. Hambatan antar pribadi dalam berkomunikasi diantaranya :

a. Status atau kedudukan komunikator 
b. Persepsi selektif 
c. Ketidak tepatan penggunaan bahasa
d. Semua benar

Pertemuan 14

1. Diantara beberapa fungsi manajemen yang memiliki peran yang sangat penting adalah : 

a. Organizing                                      c. Actuating
b. Coordinating                                   d. Planning & Controlling

2. Elemen kedua pengendalian :

a. Metode sensor untuk mengukur kondisi yg dikendalikan 
b. Kondisi & karakteristik aktivitas yg dikendalikan 
c. Penentuan kebutuhan tindakan perbaikan 
d. Implementasi tindakan perbaikan

3.Sistem pengendalian yang tidak memberikan peringatan suatu penyimpangan sebelum hal tersebut menjadi cukup berarti :

a. Umpan Maju                                   c. Umpan Balik
b. Pencegahan                                    d. Perencanaan

4. Pengendalian yang dirancang untuk mendeteksi penyimpangan dari standar :
a. Preaction Control                            c. Post-Action Control
b. Steering Control                              d. Screening Control

5. Kondisi yang tampaknya berhubungan dengan hasil akhir tetapi tidak langsung mempengaruhi hasil tersebut :
a. Input Measurement                        c. Symptoms
b. Establish Standard                          d. Changes Condition

0 komentar: