Assalamualaikum Wr. Wb

Dirgahayu RI ke 72

Dirgahayu RI ke 72

Wisuda BSI ke VIII

Foto bersama Teman satu angkatan Wisuda, Prodi Manajemen Informatika.

Kelas 12.1B.30

Foto bersama teman-teman kelas 12.1B.30. Tahun 2013. Manajemen Informatika.

Seminar Kepemimpinan

Acara Seminar Kepemimpinan, yang dilaksanakan oleh Pengurus HIMMI BSI pontianak.Yang merupakan salah satu program kerja HIMMI 2014/2015.

Pengurus HIMMI 2014

Foto bersama saat pelepasan kepengurusan HIMMI BSI Pontianak ke Pengursan yang baru 2015/2016.

Foto Desember 2014

Foto Bersama HIMMI dengan foto Pengurus HIMMI baru dan HIMMI lama.

Jumat, 31 Maret 2017

Judul Tugas Akhir - Manajemen Informatika (Bina Sarana Informatika) Animasi Interaktif

irwanhendrasaputra.blogspot.com



Dalam pemilihan Judul Tugas Akhir untuk jenjang DIII program studi Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Sistem Informasi dll, tentu saja merupakan hal yang berhubungan langsung dengan cara bagaimana kita bisa menyelesaikan dengan baik atau tidak dan hanya sekedar mendapat judul namun tidak bisa menyelesaikannya. 

Oleh karenanya penulis berbagi sedikit tentang pengalaman yang telah penulis alamai ketika menyelesaikan pendidikan DIII Jurusan Manajemen Informatika di Kampus AMIK BSI Pontianak. 
Dalam hal pemilihan judul Tugas Akhir banyak sekali yang bingung, mencari referensi kesana kemari namun kebanyakan judul-judul sudah pernah dibuat oleh orang-orang terdahulu,hehe.. Orang-orang terdahulu adalah senior kita, namun tidak ada salahnya kita mencari referensi dari judul-judul yang pernah dibuat. Dengan menggunakan metode ATM, ha apa itu ATM??? ATM merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Namun ATM disini bukan berarti kita menjiplak semua tanpa ada modifikasi ya? Jangan salah persepsi, karena penulis yakin bahwa semuanya butuh referensi demi suksesnya Tugas Akhir/Skripsi. 

Dalam metode ATM ini kita dapat mengamati judul yang pernah dibuat sebelumnya atau penulis sebelum anda. apakah ada kemiripan dari sisi dalam dan sisi semua nya deh. Karena ATM ini juga secara langsung akan memberikan kita gambaran bagaimana aplikasi yang akan kita buat namun tidak mencontek secara full dan menjiplak/copy paste yaa??

Hal mengamati Tugas Akhir/Skripsi, Jurnal, dll tentu banyak sekali yang akan kita dapat, selanjutnya kita dapat menirunya. Dengan menggunakan metode meniru gaya penjabaran penulis pertama, carilah yang kira-kira merupakan sisi kelemahan dari aplikasi atau pokok permasalahan yang dibuat oleh penulis pertama, dengan demikian kita mendapatkan 1 judul dan referensi yang baik bukan?hehe

Sedangkan untuk modifikasi yaitu bagaimana kita bisa mengolah kata-kata tersebut dengan baik, sesuai dengan EYD dan pokok pembahasan dengan cermat dan tidak seasik copy paste ya :D. 

Pemilihan outline ketika akan menyusun Tugas Akhir atau Skripsi adalah hal yang harus dipilih secara cermat dan jangan asal ikut-ikut temen yah? Karena yang akan mengerjakan kita, bukan temen kita. yang sidang kita, bukan temen kita. Ingat itu :D :D.. Jadi mau gimana pun kita hanya mencari referensi saja kepada temen, dosen, orang tua, buku-buku, majalah, internet, jurnal, Perpustakaan. dll

Berikut adalah contoh pengambilan Outline "Program Animasi Interaktif" program study Manajemen Informatika. di AMIK BSI Pontianak.

Silahkan temen-temen baca untuk bahan referensi, jika ada yang kurang jelas dan ingin bertanya silahkan komentar dibawah atau kirim email ke Kontak Person yang ada di Beranda. Terimakasih :)

Oh iya,, ingat ya lebih baik ATM dari pada Copy Paste :D



PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PENGENALAN GAYA DALAM FISIKA
BAGI SEKOLAH DASAR




TUGAS AKHIR
Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan Diploma Tiga (D.III)


IRWAN HENDRA SAPUTRA
NIM:  12133463


Program Studi Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “BSI Pontianak”
Pontianak
2016





SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TUGAS AKHIR


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : Irwan Hendra Saputa
NIM                             : 12133463
Program Studi             : Manajemen Informatika
Perguruan Tinggi         : AMIK “BSI Pontianak”

Dengan ini menyatakan bahwa tugas akhir yang telah saya buat dengan judul: Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi  Sekolah Dasar, adalah asli (orsinil) atau tidak plagiat (menjiplak) dan belum pernah diterbitkan/dipublikasikan dimanapun dan dalam bentuk apapun.

Demikianlah surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga. Apabila dikemudian hari ternyata saya memberikan keterangan palsu dan atau ada pihak lain yang mengklaim bahwa tugas akhir yang telah saya buat adalah hasil karya milik seseorang atau badan tertentu, saya bersedia diproses baik secara pidana maupun perdata dan kelulusan saya dari Akademi Manajemen Informatika & Komputer Bina Sarana Informatika dicabut/dibatalkan.

Dibuat di        : Pontianak
Pada tanggal  : 22 Juli 2016
Yang menyatakan,





Irwan Hendra Saputra





SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:
Nama                           : Irwan Hendra Saputra
NIM                            : 12133463
Program Studi             : Manajemen Informatika
Perguruan Tinggi         : AMIK “BSI Pontianak”

Dengan  ini  menyetujui  untuk  memberikan ijin kepada pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika, Hak Bebas Royalti Non-Eksklusif (Non-exclusive Royalti-Free Right) atas karya ilmiah kami yang berjudul: Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi  Sekolah Dasar, beserta perangkat yang diperlukan (apabila ada).

DengaHak Bebas Royalti  Non-Eksklusif  ini pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika berhak menyimpan, mengalih-media atau format-kan, mengelolaannya dalam pangkalan data (database), mendistribusikannya dan menampilkan atau mempublikasikannya di internet atau media lain untuk kepentingan akademis tanpa perlu meminta ijin dari kami selama tetap mencantumkan nama kami sebagai penulis/pencipta karya ilmiah tersebut.

Saya bersedia untuk menanggung secara pribadi, tanpa melibatkan pihak Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika, segala bentuk tuntutan hukum yang timbul atas pelanggaran Hak Cipta dalam karya ilmiah saya ini.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di                 : Pontianak
Pada tanggal          : 22 Juli 2016
Yang menyatakan,








Irwan Hendra Saputra





PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN TUGAS AKHIR

Tugas Akhir ini diajukan oleh:
Nama                          : Irwan Hendra Saputra
NIM                            : 12133463
Program Studi            : Manajemen Informatika
Jenjang                        : Diploma Tiga (D.III)
Judul Tugas Akhir     : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar.
Untuk dipertahankan pada periode I-2016 dihadapan penguji dan diterima sebagai bagian persyaratan yang diperlukan untuk memperoleh Diploma Ahli Madya (A.Md) pada Program Diploma Tiga (D.III) Program Studi Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika & Komputer ”BSI Pontianak”.

Pontianak,  22 Juli 2016

PEMBIMBING TUGAS AKHIR

Dosen Pembimbing    :  Ade Hendini, M.Kom          .................................
D E W A N    P E N G U J I

Penguji I         :    ..................................................       .................................

Penguji II        :    ..................................................       .................................








 
LEMBAR KONSULTASI TUGAS AKHIR
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
BINA SARANA INFORMATIKA

NIM                            : 12133463                          
Nama Lengkap           : Irwan Hendra Saputra                                          
Dosen Pembimbing    : Ade Hendini, M.Kom
Judul Tugas Akhir      : Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya   Dalam   Fisika Bagi Sekolah Dasar.

No
Tanggal
Bimbingan
Pokok Bahasan
Paraf Dosen
Pembimbing
1.                                                             
13-04-2016
Bimbingan Perdana

2.                                                             
22-04-2016
Bimbingan BAB I

3.                                                             
18-05-2016
Acc BAB I

4.                                                             
15-06-2016
Acc BAB II dan Konsul BAB III

5.                                                             
18-07-2016
Acc BAB III dan Konsul BAB IV

6.                                                             
20-07-2016
Acc BAB IV

7.                                                             
21-07-2016
Acc Keseluruhan


Catatan untuk Dosen Pembimbing.
Bimbingan Tugas Akhir
·         Dimulai pada tanggal                :  13 April 2016
·         Diakhiri pada tanggal               :  21 Juli 2016
·         Jumlah pertemuan bimbingan :  7


                                                                                                   Disetujui oleh,
                                                                                                   Dosen Pembimbing




                                                                                                 (Ade Hendini, M.Kom)





KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik. Dimana tugas akhir ini penulis sajikan dalam bentuk buku yang sederhana.  Adapun  judul  tugas  akhir,  yang  penulis  ambil  sebagai  berikut,  Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Pengenalan Gaya Dalam Fisika Bagi Sekolah Dasar.
Tujuan penulisan tugas akhir ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan program Diploma Tiga (D.III) Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian (eksperimen), observasi dan beberapa sumber literatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa tanpa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan tugas akhir ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, izinkanlah penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.        Direktur Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “BSI Pontianak”.
2.        Ketua Program Studi Manajemen Informatika AMIK “BSI Pontianak”.
3.        Bapak Ade Hendini, M.Kom selaku Dosen Pembimbing Tugas Akhir.
4.        Staff / karyawan / dosen dilingkungan AMIK “BSI Pontianak”.
5.    Orang tua dan adik tercinta yang telah memberikan dukungan moral maupun spiritual kepada penulis.
6.        Rekan-rekan mahasiswa kelas MI-6A yang saling mensuport.
Serta  semua  pihak  yang  terlalu   banyak   untuk   disebut   satu   persatu  sehingga terwujudnya penulisan ini. Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh sekali dari sempurna, untuk itu penulis mohon kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan penulisan dimasa yang akan datang.
Akhir kata semoga tugas akhir ini dapat berguna bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca yang berminat pada umumnya.
Pontianak, 22 Juli 2016
Penulis



  Irwan Hendra Saputra




ABSTRACK





DAFTAR ISI

Lembar Judul Tugas Akhir......................................................................................... i
Lembar Pernyataan Keaslian Tugas Akhir................................................................. ii
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah............................................ iii
Lembar Persetujuan dan Pengesahan Tugas Akhir.................................................... iv
Lembar Konsultasi Tugas Akhir................................................................................ v
Kata Pengantar........................................................................................................... vi
Abstrak ...................................................................................................................... viii
Daftar Isi.................................................................................................................... x
Daftar Gambar........................................................................................................... xii
Daftar Tabel................................................................................................................. xiv
Daftar Lampiran......................................................................................................... xv
BAB I        PENDAHULUAN.............................................................1
1.1. Latar Belakang Masalah.................................................................1
1.2. Maksud dan Tujuan....................................................................2
1.3. Metode Penelitian............................................................................3 
1.4. Ruang Lingkup................................................................................4
1.5. Sistematika Penulisan.............................................................5

BAB II     LANDASAN TEORI............................................................. 7
2.1. Konsep Dasar Animasi ........................................................  7
2.1.1. Fungsi Animasi .............................................................  8
2.1.2. Jenis-jenis Animasi ...............................................  8
2.1.3. Definisi Media Pembelajaran ............................................  9
2.1.4. Kegunaan Media................................................................. 10
2.1.5. Pengertian Gaya .................................................................  10
2.2. Teori Pendukung.............................................................................. 11
2.2.1. Macromedia Flash............................................................... 11
2.2.2. Adobe Photoshop CS3........................................................ 12
2.2.3. Storyboard ..........................................................................  12
2.2.4. Pengujian Black Box Testing ..............................................  13
                           
BAB III     PEMBAHASAN................................................................................... 14
3.1.Analisa Kebutuhan......................................................................... 14
3.1.1. Analisa Kebutuhan Fungsional............................................ 15
3.1.2. Analisa Kebutuhan Non Fungsional.................................... 16
3.2. Perancangan Perangkat Lunak....................................................... 18
3.2.1. Rancangan Storyboard......................................................... 18
3.2.2. Rancangan Antar Muka....................................................... 28
3.2.3. Hirarki Tampilan .................................................................  41
3.3. Implimentasi dan Pengujian Unit.................................................. 42
3.3.1. Implimentasi .......................................................................  42
3.3.2. Pengujian Unit..................................................................... 62


BAB IV     PENUTUP............................................................................................. 71
4.1.   Kesimpulan.................................................................................... 71
4.2.   Saran .............................................................................................  72

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 73
DAFTAR RIWAYAT HIDUP............................................................................... 75
LAMPIRAN-LAMPIRAN..................................................................................... 76



Sekilas Aplikasi yang penulis buat:

irwanhendrasaputra.blogspot.com
Animasi 2 Menu yang bisa di pilih.


irwanhendrasaputra.blogspot.com
Animasi Gaya, menu yang dapat dipilih.


irwanhendrasaputra.blogspot.com
Pengaruh Gaya, dan menu yang dapat dipilih.

Sedangkan untuk animasi geraknya ada dalam file apk.

Sabtu, 22 Oktober 2016

Makalah Character Building BSI Semester II


Character Building
Sebelum membaca makalah ini tentu saja kita harus mengetahui Apa itu Character Building?
Yang dimaksud dengan Character Building yaitu "sikap yang dilakukan seseorang dalam melalukan perbaikan dirinya sehingga dapat berperilaku yang positif dan dapat memberikan contoh kepada lingkungan sekitar".  


Dalam hal ini, sebuah tindakan korupsi adalah perbuatan yang tidak pantas untuk di contoh dan dibudidayakan :D

Kita seharusnya mulai berbenah diri sejak dini (kalo bisa) kalu pun tidak dapat mengubah pola hidup jujur tanpa harus berbohong dan melakukan tindakan yang dapat merugikan orang lain, lebih-lebih negara dan moral kita harus mendapatkan pertanggungjawaban di alam kubur nantinya.


Makalah yang akan saya bahas ini adalah makalah tentang Perilaku Korupsi.

Sabtu, 23 Juli 2016

Analisa Web E-Commerce BSI

Bagi teman-teman yang ingin melihat isi makalahnya harap masuk ke account google masing-masing ya? :)

Contoh Laporan KKP BSI


Bagi teman-teman yang ingin melihat isi makalahnya harap masuk ke account google masing-masing ya? :)

Kamis, 21 Juli 2016

Makalah web E-Commerce Semester 6 BSI

Bagi teman-teman yang ingin melihat isi makalahnya harap masuk ke account google masing-masing ya? :) 

Kamis, 17 Maret 2016

FOKMAKES SOSIALISASI PENDIDIKAN KE SMAN 1 SUBAH

FOKMAKES

Ya, FOKMAKES merupakan kepanjangan dari “Forum Komunikasi Mahasiswa Kecamatan Subah” yang sering di sebuat FOKMAKES. Forum ini merupakan kumpulan dari seluruh mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Subah, yang berada dalam Kampus Kalimantan Barat dan Luar Kalimantan Barat yang merupakan asal daerah Kecamatan Subah. FOKMAKES mempunyai naungan di bawah Kecamatan Subah, dan tentunya mempunyai Struktur Organisasinya. Dalam hal ini FOKMAKES juga mempunyai program kerja jangka pajang dan jangke pendek. Kegiatan yang rutinitas dilakukan FOKMAKES salah satunya yaitu merayakan ulang tahun FOKMAKES dan Sosialisai ke sekolah-sekolah SMA yang berada di Kecamatan Subah. 

Tahun 2014 lalu, FOKMAKES juga sosialisasi ke SMAN 1 Subah dan SMAN 2 Subah, dan alhamdulilah tahun 2016 ini FOKMAKES dapat sosialisasi kembali ke SMAN 1 Subah. Materi yang disampaikan yaitu motivasi untuk kelas XII semua jurusan, yang bertujuan untuk  memberikan acuan semangat untuk kelas XII agar setelah lulus dari SMA dapat melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan.

Sedangkan untuk pematerinya yaitu mahasiswa FOKMAKES sendiri yang telah membuat bahan presentasi. Dan ada beberapa mahasiswa yang memperkenalkan kampus-kampus yang ada di Pontianak dan sekitarnya.

Sosialisasi pendidikan dilaksanakan tanggal 17 Februari 2016 yang bertempat di SMAN 1 Subah merupakan kegiatan awal FOKMAKES di tahun 2016. Antusias seluruh siswa kelas XII sangat bagus dengan kedatangan rombongan FOKMAKES begitujuga dengan pihak sekolah yang selalu mendukung Kami (FOKMAKES). Dan semoga ditahun-tahun selanjutnya FOKMAKES dapat memberikan motivasi semangat pendidikan ke SMA di Kecamatan Subah.