Assalamualaikum Wr. Wb

Sabtu, 04 April 2015

Mengatur Alamat IP di Komputer

Internet Protocol
PENGATURAN IP 

ADDRESS DI 

KOMPUTER

Postingan Kali ini saya akan membahas tentang dunia Komputer yang berbasis internet, namun perlu kita ketahui bahwa setiap komputer tentunya sudah mempunyai alamat IP.
Dalam pembahasan kali ini sebelum lebih lanjut seperti apa proses mengatur IP address, ada baiknya di jelaskan dahulu apa itu IP address.
IP address adalah identitas komputer / host yang terkoneksi ke jaringan ( Local Area Network ), dan identitas komputer dalam jaringan yg sama pasti unique, artinya satu alamat ip dipakai oleh satu komputer dalam satu jaringan, tidak bisa lebih, analoginya : Seharusnya no KTP / SIM itu tidak ada yg sama dengan nama yang berbeda, misalnya badu dan budi mempunyai no KTP/SIM yang sama, itu suatu kejanggalan.
IP adalah kepanjangan dari Internet Protocol. Protokol ini tidak dapat berdiri sendiri,karena protokol ini berupa kumpulan protokol. Protokol ini dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an sebagai sebuah protokol setandar untuk menghubungkan komputer-komputer dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang luas (WAN). Protokol ini juga menggunkan sekema pengalamatan yang sederhana yang disebut sebagai almat Ip yang mengizinkan hingga beberapa ratus juta komputer untuk dapat saling terhubung satu sama lain di internet. Namu bukan hanya itu saja protokol ini bersifat routable yang berarti protokol yang cocok untuk menghubungkan sistem-sistem berbeda (seperti Microsoft Windows dan keluarga UNIX) untuk membentuk jaringan yang heterogen.

Nah bagaimana kita mau mengatur alamat IP di komputer kita? Langkah simplenya adalah :
1. Mintalah alokasi IP dari staf IT nya, atau kalau kita staf IT nya buat lah IP Address untuk jaringan lokal yg kita supervisi.
2. Masukkan alamat IP tersebut ke komputer yg akan di koneksikan kedalam jaringan. langkah-langkahnya sebagai berikut :
Langkah pertama : lewat control panel
Start Menu — Setting — Control Panel

Network and Internet Connections

Network Connection

Local Area Connection Klik kanan — properties

Local Area Connection Properties — Internet Protocol ( tcp/ip ) — properties

Internet Protocol (TCP/IP) Properties

Isikan Ip di kolom yang sudah tersedia, tapi bila Ip yg ada dijaringan lokal kita adalah ip automatic, maka tinggal dipilih saja yg opsi : Obtain an Ip address automatically dan Obtain DNS Server Automatically. setelah itu tinggal di OK OK saja.
Pengaturan Ip sudah selesai dilakukan, Sebenarnya ada beberapa langkah lagi yang lebih simple dalam pengaturan ip address, jadi silahkan komputer anda di explore (dijelajah) untuk menemukan lokasi pengaturan ip tersebut diatas. mrgreen:
Lalu bagaimana untuk memastikan bahwa Ip yg kita isikan sudah terisi dengan benar? Bisa diliat dengan cara :
Start menu — Run :

Tampilan command prompt :

Ketikkan : ipconfig atau ipconfig /all untuk lebih komplitnya.

Bila sudah ada tampilan seperti itu berarti pengaturan ip address kita sudah sukses dan berhasil.
Demikian penjelasan bagaimana pengaturan alamat IP Address di komputer kita.



PENYEBAB IP DI BLOKIR OLEH SERVER
Terkadang kita mengakses suatu website, ternyata tidak bisa. tidak selalu website tidak bisa diakses karena server down. bisa juga karena IP yang kita gunakan diblokir oleh server tersebut. berikut diantara penyebab yang membuat IP kita diblokir oleh server:

Admin server sengaja memblokir server kita
Hal ini bisa juga karena memang kita memiliki sebuah masalah dengan admin website yang menyebabkan mereka memblokir ip anda sehingga tidak dapat mengakses web tersebut.

Kita salah melakukan login
Biasanya kalau kita salah melakukan login berkali kali atau salah username/password cpanel berkali kali biasanya server akan otomatis memblokir IP kita sehingga kita kesulitan mengakses server tersebut, seakan server tiba tiba down tetapi sebenarnya bukan

Banyak Melakukan Tindakan PING
Banyak melakukan tindakan ping atau bisa juga disebut dengan DDOS, entah anda memang sengaja melakukan atau tidak biasanya server sebuah website akan otomatis memblokir akses terhadap ip tersebut.

Koneksi yang buruk
Koneksi yang buruk , yang dianggap mencurigakan biasanya admin akan memblokir suatu koneksi dari isp tersebut yang membuat server tidak bisa diakses menggunakan semua client dari isp tersebut

Sumber : http://id.m.wikipedia.org/wiki/Internet_protocol_suite
http://blog.jayahost.com/2015/03/penyebab-ip-diblokir-server/
Disunting oleh : www.irwanhendrasaputra.pw


0 komentar: