Assalamualaikum Wr. Wb

Kamis, 02 April 2015

SERANGAN TERHADAP SOFTWARE KOMPUTER

Virus Komuter
Virus Komputer

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri  dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.



Cara Kerja Virus

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, MacFreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Cara Mengatasi Virus


Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Contohnya saja antivirus yang dapat kita download gratis, seperti Smadav.  Namun Virus komputer ini juga dapat dihapus dengan basis data (databaseSignature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).


Hacking yang sering kita dengar, yaitu merupakan sebuah tindakan kriminal oleh seorang yang tidak bertanggung jawab dan meresahkan penggunaan layanan internet saat ini. Banyak kalangan mengatakan bahwa hacking ini merupakan seorang yang cerdik dalam mengoperasikan komputer (software), alasan tersebut benar kenyataannya. Kebanyak orang yang pandai dalam arti negatif ini (hacking) memiliki kemampuan yang tinggi dibaning dengan pengguna awam masalah software.
hacking sangat meresahkan pengguna internet, contoh nya saja ketika kita sedang di tempat hospot atau warnet. Tidak sengaja jaringan kita mulai lelet, bukan karena servernya namun kadang itu dijalankan oleh aksi-aksi tidak bertanggung jawab seperti hacking yang kita bahas saat ini. Oleh karena itu perbuatan ini sangat-sangat tidak baik untuk di contoh karena menyebabkan kerugian bagi semua pihak. Perbuatan hacking banyak sekali sisi negatifnya.

Jakarta
 - Laporan yang diliris Akmai mengungkapkan serangan DDoS yang terjadi rentang kuartal akhir tahun 2013 lalu didominisi oleh Hacker asal Tiongkok. Serangan dari Indonesia pun tak mau kalah. Presentasi jumlah Hacker asal Tiongkok yang melakukan serangan DDoS akhir tahun lalu mencapai 43% atau hampir setengah dari seluruh serangan DDoS yang terjadi.

Menyusul posisi kedua dan ketiga adalah Amerika serikat dan kanada sengan porsi sebesar 19% dan 10%. Indonesia tersendiri berada diposisi keempat sebagi penyumbang serangan DDoS dengan porsi 5,7%. Namun angka tersebut menurun dari yang sebelumnya 20% pada kuartil ketiga di Tahun yang sama. Presentase yang dimiliki Indonesia itu mengalahkan jumlah serangan yang dilakukan hacker asal Taiwan, Belanda, Rusia, Brazil, Rumania, dan jerman sebagai pengisi posisi kelima hingga sepuluh. Demikian SepertidetikNet kutip dari digital trends, kamis (24/4/2014).

http://id.wikipedia.org/wiki/Virus_komputer
dan telah di sunting oleh http://www.irwanhendrasaputra.pw/




0 komentar: