Assalamualaikum Wr. Wb

Jumat, 03 April 2015

Hacker dan Cracker


Hacker dan Cracker
Hacker: Membuat technology internet semakin maju karena hacker menggunakan keahliannya dalam hal computer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan system keamanan dalam sebuah system computer ataupun dalam sebuah software, membuat gairah bekerja seorang administrator kembali hidup karena hacker membantu administrator untuk memperkuat jaringan mereka.

Cracker: Merusak dan melumpuhkan keselurahan system computer, sehingga data-data pengguna jaringan rusak, hilang, ataupun berubah.

Nah, dari ulasan-ulasan diatas sudah tahukan apaitu hacker dan cracker? Para hacker menggunakan keahliannya dalam hal computer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan system keamanan dalam sebuah system computer ataupun dalam sebuah software. Oleh karena itu, berkat para hacker-lah internet ada dan dapat kita nikmati seperti sekarang ini, bahkan terus diperbaiki untuk menjadi system yang lebih baik lagi. Maka hacker dapat disebut sebagai pahlawan jaringan sedang cracker dapat disebut sebagai penjahat jaringan karena karena melakukan penyusupan dengan maksud menguntungkan dirinya secara personality dengan maksud merugikan orang lain. Hacker sering disebut hacker putih (yang merupakan hacker sejati yang sifatnya membangun) dan hacker hitam (cracker yang sifatnya membongkar dan merusak).

Contoh kasus Hacker dan Cracker
Pada hari sabtu, 17 april 2004, Dani Firmansyah konsultan tekhnologi informasi (TI) PT Danareksa di Jakarta, berhasil membobol situs milik komisi pemilihan umum (KPU) dihttp://tnp.kpu.go.id dan mengubah nama-nama partai didalamnya menjadi nama-nama “unik”, seperti Partai Kolor Ijo, Partai Mbah Jambon, Partai Jambu, dan lain sebagainya. Dani menggunakan tekhnik SQL Injection (pada dasarnya tekhnik itu adalah dengan cara mengetikkan string atau perintah tertentu di address bar browser) buat menjebol situs KPU. Kemudian dani tertangkap pada hari kamis, 22 april 2004.

Akibat yang ditimbulkan oleh Hacker dan Cracker



dan telah disunting oleh: www.irwanhendrasaputra.pw

0 komentar: